Friday, June 20, 2008

Bakmi Jowo, Batam

Bakmi jowo terletak di daerah seipanas. Bukanya malem-malem aja. Dari namanya sudah ketauan kalo menu yang disediakan adalah masakan jawa. Jawa tengah/jogja terutama. Ada bakmi magelangan, mi dan bihun dicampur. Demikian juga dengan nasi goreng magelangan, nasinya campur mi.


Mi-nya bisa mi godog atau mi goreng. Mi godog ada kuahnya. Jadi bagi yang gak suka makanan seret-seret, bisa pesen mi godog. Selain mi, juga disediakan nasi goreng. Sebenarnya menu andalan warung ini adalah mi godog, tapi aku lebih suka nasi gorengnya. Khas jawa memang. Manis.

Ini dia nasi goreng rempelo ati. Nasi gorengnya dicampur dengan kubis, supaya agak segar, telur dan beberapa suwir ayam. Rempelo atinya di oseng dulu, trus ditambahkan di atas nasi goreng. Lebih enak dibanding yang rempelo ati-nya dicampur langsung dengan nasi goreng. Porsinya juga banyak. Untuk memberi kesan makanan daerah, piringnya dilapisi daun pisang. Katanya sih, rasanya juga lebih enak dibanding tanpa daun pisang(kataku: gak pengaruh).

Minumnya selalu teh jahe. Tapi gak keliatan jahenya. Jadi mungkin jahe bubuk, dicampur dengan tehnya. Kalo di warung lain, jahe asli, dibakar, kemudian dipotong besar-besar, trus dicemplungkan ke tehnya. Gulanya gula batu. Teh jahe ini kalo tidak manis, memang jadi tidak enak. Tunggu gula batunya larut sampai habis. Hanya saja komplain orang-orang, harganya terlalu mahal untuk sebuah nasi goreng/mi godog.

Salah satu hal yang membuatku tidak punya tabungan adalah menganggap setiap makanan enak, itu adalah tidak mahal. Jadilah aku tidak sadar selalu menghabiskan uang di makanan.

1 comment:

Anonymous said...

hyaaa.. baca postingan om antok kali ini ngiler bangeet.. hiks. secara aku nge-fans banget sama Bakmi Jowo, terutama mie godognya.. number one! (eh saingannya ada ding, kalo di Batam mie godog di Nasi Goreng Arang tuu.. tp ktnya warungnya dah tutup ya om?)

sama nasi goreng magelangan yg dicampur mie itu, suka bangettt.

tapi emang iya harga2nya mayan mahal.

kalo ku ke batam, minta traktir aahh makan di Bakmi Jowo, hehe.. :)