Thursday, March 27, 2008

Golden Prawn

Hari Kamis dan Jumat ada Diskusi POSS Network di kampusku. POSS adalah Pendayagunaan Open Source Software. Yang terlibat dalam POSS Network adalah ITB, UI, IPB, UGM, ITS, Polibatam, Polidel, UNPAD, UNHAS, UAI, President Univ, Polman Astra, didukung oleh Ristek. Tujuannya adalah mensinergikan usaha dalam memasyarakatkan open source software.

Tapi yang muncul dalam diskusi sebagian besar hanyalah sosialisasi, ITB saja yang sudah mulai mengkomersialkan open source. Mereka mem-packing Ubuntu ditambah dengan support selama satu tahun, seharga Rp. 100.000,00.

Malamnya diadakan gala dinner, halah berlebihan. Makan malam bersama sebenarnya. Dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang, maka kami menyewa bis. Makan malam diadakan di Golden Prawn, salah satu restoran ternama di batam. Letaknya di bengkong laut, dan memang berada di tepi laut.

Masuk ke restoran ini, langsung disuguhi dengan kolam ikan kecil yang berisi hiu kelihatannya. Tidak terlalu jelas, karena kolamnya keruh, yang kelihatan hanyalah siripnya. Kemudian ada kolam yang berisi udang. Udangnya aneh-aneh, gak tau nama-namanya. Restorannya sendiri berada di atas laut. Dengan lantai kayu yang dipancang di pantai, angin yang kencang, maka terasa benar aroma lautnya.


Kami pesan ikan kerapu asam manis, udang goreng tepung, fuyunghai dan kangkung blacan. Tentu saja semuanya enak-enak. Udang goreng tepungnya benar-benar renyah. Semuanya digoreng, termasuk kulit udang dan kepalanya. Fuyunghai juga benar-benar pas, manis dan asam sausnya.


Nah kalau chili crab ini saya gak berani ngambil. Karena selain tidak suka pedas, aku juga alergi sama kepiting. Golden Prawn merupakan salah satu restoran wajib apabila berkunjung ke batam, selain sop ikan yong kee. Sampai ketemu di Batam !

Updated: menu andalan di sini katanya adalah kerapu steam. Trus, di warung seafood manapun, di batam maupun tanjungpinang, jangan lupa mencoba Gonggong (siput laut).

1 comment:

Anonymous said...

mau dong... makan di golden prawn lagih.. favoritku adalah tumis kangkungnya.. :)