Saturday, April 19, 2008

Ayam Bacem, Sei Panas

Lama sudah tidak makan disini. Letaknya di deretan warung seberang Zouk diskotek di Sei Panas. Susah sih neranginnya, soalnya di Batam gak ada nama jalan. Sebelum makan, belanja dulu di Ace Hardware. Pengen beli tirai untuk kamarku. Sehingga kalau malam-malam lampu kamar kunyalakan, lebih terasa privasi, tidak keliatan dari luar. Walaupun sebenarnya kamarku di lt 5, tidak akan keliatan juga.

Berhubung aku malas memegang palu maupun bor, maka aku pakai palang-nya shower curtain. Dan kebetulan tirai yang ada di Ace Hardware adalah shower curtain, ya udah deh, kamar tidurku jadi kayak kamar mandi :( Tapi warna tirainya cerah kok (tetep aja Tok, kesannya tetap kamar mandi).

Pemilik warungnya adalah orang takwa. Kalau anda berpikir penjualnya berjenggot dan celana tiga perempat, Salah ! Orang takwa adalah batak jawa. Soalnya dia berasal dari medan, dan bisa berbahasa jawa. Menu yang tersedia adalah ayam goreng, ati ampela, lele, tahu tempe. Semuanya menggunakan bumbu yang sama, mirip bumbu bacem.

Dulu sering makan di warung ini karena pacarnya didi rumahnya di daerah yang sama, sehingga setiap kali habis mengantar didi pacaran, pulangnya makan di sini. Yah, beginilah kalau terlalu akrab, bahkan pacaran pun harus bareng-bareng, jarang punya kesempatan berdua. Anggi dulu juga suka ngambek, "kenapa sih kalau keluar selalu bareng2 ? Aku kan ingin memilikimu sendiri". Hiks ... huhuu ... kangen sama anggi T_T


Seperti biasa, aku pesan ayam goreng. Atau kalo lagi bosen, pesen ati ampela. Nah, kalo pesen ati ampela, kita tidak diberi satu ati satu ampela, tapi langsung banyak, sekitar 3 ati, 3 ampela. Namun yang terasa bacem-nya, hanya ayam goreng saja. Tempe, tahu ataupun ati, tidak terasa manis.

Kulitnya renyah, dan paling terasa enak. Manis dan gurih. Yang selalu kumakan pertama. Baru setelah itu makan nasi dan daging ayam bagian dada. Colekin ke sambel yang pedes banget, dan hap. Memang sambelnya bener-bener pedes, apalagi daging ayamnya panas. Tapi kalau tidak dioles ke sambalnya, terasa ada yang kurang.

Yang terakhir kumakan adalah bagian sayap, karena bumbunya juga paling terasa di sana. Bumbu bacem itu terdiri dari apa ya ? Yang pasti gula, gula jawa kali. Kombinasi dengan asem, sedikit garam, sereh dll. Ayamnya direbus bareng bumbu2 tersebut. Setelah itu dijajar di depan warung. Pembeli tinggal pilih, kemudian goreng. Enak, silahkan datang ke warung ayam bacem ini (gak tau nama warungnya apa).

No comments: