Thursday, September 25, 2008

Mangut Lele, Cindelaras, Muntilan

Kakak ku yang tinggal di cikarang, kalo mudik ke yogya sekarang naik mobil. Soalnya jumlah keluarga sudah meningkat, mahal kalo naik kereta ato pesawat. Kebetulan pas lewat muntilan, pas sore hari. Mereka mampir dulu ke warung cindelaras. Cindelaras terkenal akan mangut lele-nya. Langsung bungkus 10 ekor lele. Memang kalo lagi puasa itu jadi rakus banget, dan merasa bisa menghabiskan berbakul-bakul nasi dengan beraneka ragam lauk. Begitu maghrib, makan kolak aja sudah kenyank :)



Sampai di rumah, mangut-mangut tersebut langsung dibuka, diletakkan di mangkuk pyrex, trus di microwave, biar anget lagi. Mangut merupakan makanan khas daerah jawa tengah. Masakan bersantan dengan bumbu-bumbu kunyit, kencur, bawang, brambang, lombok yang dihaluskan. Kadang-kadang ada yang ditambah dengan tomat, blimbing wuluh supaya lebih segar. Boleh juga ditambah irisan paprika/cabai merah/cabai hijau dan petai.

Akhirnya maghrib menjelang. Sirine yang mengaung-ngaung menandai saat maghrib. Ambil nasi hangat, siram dengan kuah santan mangut, sekalian dengan lele-nya. Lelenya digoreng terlebih dahulu, supaya kering/kenyal, tidak lembek. Trus harus lele lokal. Kalo lele dumbo tetap lembek juga dagingnya. Rasa mangut memang segar, dimakan bareng nasi hangat membuat perut terasa nyaman. Lelenya juga enak. Hanya saja vetsinnya terlalu banyak. Jadi bagi yang rentan terhadap vetsin, cukup makan sedikit aja.

1 comment:

Yu2n said...

hmm.. nyam-nyam..
akhirnya bisa nemu menu baru lagi di blog om Antok.. Mangut lele..? aseli blom pernah nyobain, perjalananku blm nyampe Jawa Tengah nih.. hihi.. kayanya enyak!