Thursday, September 11, 2008

Pondok Ikan Bakar, Batam

Lagi-lagi buka puasa bareng. Kali ini tempatnya di Pondok Ikan Bakar, arah Sei Panas, kalo dari batam center. Yang punya adalah manager XL, sehingga dipenuhi dengan iklan XL.

Suasananya memang nyaman sih, semilir angin sore, dipadu dengan lampu yang remang-remang. Ikan yang akan kita pesan diletakkan berjejer-jejer di atas perahu. Entah siapa yang memulai konsep ini, yang jelas, seluruh warung ikan bakar yang ada di batam, semuanya model seperti ini. Diletakkan di atas perahu, yang dipenuhi dengan es batu.


Kali ini buka bareng hanya untuk staf elektro saja.

Sambil nunggu bedug maghrib, kucoba foto otak-otak, bagi yang belum pernah tahu. Dari foto terlihat otak-otak yang dibungkus daun kelapa. Kemudian dibakar. Otak-otak biasanya campuran ikan tenggiri, dan ada cumi-cuminya juga.

Menu ta'jilnya adalah es buah ditambah dengan ... (yang hitam kenyal-kenyal itu loh?) Lupa aku namanya.

Dan sebagai pencuci mulut, aku sudah pesan milk shake. Wih, keliatannya enak. Milk shake yang paling enak selama ini adalah milk shake-nya Arby's. Arby's ini adalah franchise fastfood burger, mirip seperti McDonald, Wendy's, A&W maupun Burger King. Menu andalannya adalah burger daging asap, yang diiris tipis-tipis. Tapi sayang, sekarang sudah tutup, baik yang di bandung maupun yang di surabaya. Ketika adzan terdengar, yang pertama kali kuicipin adalah milkshake. Slurrpp ... enak ternyata. Recommended deh kalo ingin merasakan milkshake yang mendekati Arby's. Bedanya dengan milkshake yang lain adalah lebih kental. Sudah mendekati bentuk es krim. Jadi kalo ingin tau rasa milk shake yang enak, cairin aja es krim kamu, kemudian diminum. Nah, milkshake yang enak, rasanya mirip2 seperti itu.

Ada cumi bakar juga. Rasanya sama seperti bakar-bakar lainnya, ada rasa manis dari kecap. Dan lebih enak kalo hangat. Ketika aku merasakannya setelah dingin, jadi terasa agak nyendal, seperti makan lemak padat. yah, memang cumi banyak kolesterolnya.

Kepiting asam manis juga merupakan menu standar warung seafood di batam. Berhubung aku tidak terlalu suka kepiting, ya cuma kuambil bumbunya aja. Bumbu asam manisnya enak.


Ikan Baronang Bakar! Katanya sih, salah satu ikan yang enak dibakar adalah ikan baronang. Ikan kakap lebih enak digoreng, demikian juga dengan ikan gurame. Ikan bawal juga lebih enak digoreng. Namun selama ini, aku belum pernah makan ikan baronang goreng. Jadi tidak bisa membandingkan, apakah lebih enak digoreng atau dibakar. Ikan bakar di batam ada 2 macam bumbu, yaitu bumbu kuning atau bumbu kecap. Kali ini orang-orang pesen bumbu kuning. Singkirkan kulitnya, cuil daging bagian punggung, gabungkan dengan bumbu kuning, wah enak juga ternyata. Rahasia ikan bakar yang enak cuma satu sebenarnya, ikannya harus segar. Aku mendominasi untuk ikan bakarnya hehe. Yang lain kan sudah mendominasi untuk kepiting, cumi maupun udang.

Akhirnya dapat juga foto untuk gonggong. Ini adalah makanan yang ada di batam dan tanjungpinang. Di sumatera maupun jawa, tidak ada gonggong. Tapi di sulawesi ada juga katanya. Yang jelas, rasanya bikin kecanduan. Gonggong adalah sejenis siput laut. Kalo ke pasar ikan, kemudian liat gonggong, pasti jadi gak nafsu, soalnya kotor. Nah, kalo yang sudah tersaji di restoran, gonggongnya sudah bersih. Cara masaknya juga hanya satu cara, yaitu direbus. Tidak ada yang namanya gonggong saus tiram, gonggong bakar, gonggong asam manis maupun gonggong goreng.


Cara mengambil daging di dalam cangkangnya, adalah dengan memanfaatkan tusuk gigi. Masukkan tusuk gigi ke cangkang, kemudian putar tusuk gigi keluar, maka otomatis daging gonggong akan ikut tertarik keluar. Terus ada bagian yang keras dan tajam di ekornya, ini jangan dimakan, bisa melukai lidah maupun gusi.

No comments: