Wednesday, September 24, 2008

Steak Salmon

Hari pertama di yogya, langsung diingatkan kalo aku baru saja ulang tahun. Kebiasaan keluargaku dulu, waktu masih di malang, setiap kali ada yang ulang tahun, selalu dibikinin steak. Rame-rame, didoakan bersama. Kali ini, steaknya adalah steak salmon. Biar diversifikasi katanya.

Bahan-bahannya sederhana, cukup sayur dan fillet salmon tentu saja. Beli di supermarket, pasti ada semua. Kemudian untuk sausnya, kita yang bisa cuma saus jamur. Cairkan mentega/margarin di panci, kemudian tambahkan tepung supaya kental. Setelah itu tuangkan kaldu daging/ayam. Setelah diaduk rata, baru tambahkan merica, garam dan pala. Tambahkan jamur kalo suka.


Untuk sayur, silahkan dipotong-potong kecil2, kemudian direbus. Sayurnya bisa buncis, kembang kol, wortel, selada dll. Asupan karbohidrat bisa diperoleh dari kentang goreng. Untuk mengolah salmonnya, langkah pertama adalah buang kulitnya. Kalo masih tertinggal durinya, cabut satu persatu pake pinset. kemudian oleskan garam dan jeruk nipis supaya tidak amis. Biarkan sebentar. Setelah itu, terserah, mau diolesin kikkoman atau saus barbeque, atau kecap saja gak masalah.

Siapkan wajan panggangan. Olesi sedikit margarin. Panggang si salmon. Bolak-balik sampe matang. Setelah matang, baru hidangkan. Seharusnya sih steak salmon pake saus yang putih itu, kayak sausnya fillet o fish mcdonald. Tapi berhubung masih belum bisa, ya pake saus jamur saja.


Berhubung lapisan antar daging salmon ada lemaknya, maka mudah sekali untuk memotong dagingnya. Cukup menggunakan garpu, oleskan sedikit ke sausnya, dan ... nyamm. Wah enak sekali, salmon gitu loh. Daging ikan terasa kenyal, tidak hancur. Tapi balutan lemak ikan salmon, membuatnya terasa lembut sekaligus.

No comments: